Senin, 16 November 2015

" Berdagang "

" Berdagang "
berdagang dengan engkau pedagang dalam segala macam harta yang banyak; 
mereka menukarkan perak, besi, timah putih dan timah hitam ganti barang-barangmu.
berdagang dengan engkau pedagang; mereka menukarkan budak-budak, barang-barang tembaga ganti barang-barang daganganmu. mereka menukarkan kuda kereta, kuda tunggang dan bagal ganti barang-barangmu.
berdagang dengan engkau pedagang, banyak daerah pesisir menjadi daerah pasaranmu; mereka membawa kepadamu tulang gading dan kayu arang sebagai upeti.
berdagang dengan engkau pedagang karena banyaknya hasil-hasilmu; mereka menukarkan permata batu, kain ungu muda, pakaian berwarna-warna, kain lenan halus, karang dan batu delima ganti barang.
berdagang dengan engkau pedagang ; mereka menukarkan gandum, mur, madu, minyak dan balsam ganti barang-barang daganganmu.
berdagang dengan engkau pedagang karena banyaknya hasil-hasilmu, karena segala macam barangmu yang banyak. Anggur, bulu domba dan anggur ditukarkan mereka ganti barang-barangmu; besi yang sudah dikerjakan dari kayu dan tebu ada di antara barang-barang daganganmu.
berdagang dengan engkau pedagang dalam kulit pelana untuk menunggang kuda.
berdagang dengan engkau pedagang dalam anak domba, domba jantan dan kambing jantan; dalam hal-hal itulah mereka berdagang dengan engkau pedagang.
berdagang dengan engkau pedagang; mereka menukarkan yang terbaik dari segala rempah-rempah dan segala batu permata yang mahal-mahal dan emas ganti barang-barang.
Mereka berdagang di pasar-pasarmu dalam jubah-jubah yang maha indah, kain ungu tua, pakaian yang berwarna-warni, permadani yang beraneka warna dan tali berpilin yang teguh.